<=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=>

_______Fakultas_Ekonomi_______
-=[_
UNIVERSITAS_BOROBUDUR_]=-
'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''X-Malang

<=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=ORIGINAL CONCEPT-=-=>

Senin, 08 Juni 2009

Virtualisasi sebagai Solusi Murah Belajar IT

Tulisan ini sekedar sharing dari pengalaman yang sudah pernah saya lakukan. Pada saat awal belajar open source seperti linux dan opensolaris, saya merasa kurang dengan fasilitas yang saya miliki seperti PC (cuman punya satu soalnya… :D ). Padahal untuk mempraktikkan secara langsung dibutuhkan PC yg lain. Dari sinilah timbul pertanyaan-pertanyaan seperti berikut :

- gimana caranya biar dalam satu komputer bisa diinstall banyak sistem operasi, misalnya windows, linux, opensolaris?
- gimana caranya biar diantara sistem operasi tersebut bisa saling berkomunikasi?
- klo sudah jadi bikin sistemnya, gimana cara ngetesnya klo sistem itu sudah berhasil / suskses?
- kemudian gimana caranya ketiga-tiganya bisa on / live semua?
- dan masih banyak pertanyaan yang lainnya…. :D ( maklum msh beljar nich.. )

Dari sini saja saya sudah pusing nyari solusi yang efektif dan tentunya murah.. :D

Dengan bantuan paman Google, akhirnya saya menemukan solusi yang cukup efektif dan murah sesuai harapan saya..yaitu teknik virtualisasi. Sebelum saya menerapkan teknik virtualisasi ini saya mencoba menginstall sistem operasi tersebut secara langsung ke hardisk sehingga klo komputer nyala saya harus memilih mau booting ke mana nich? dari sini “cuman satu sistem operasi saja yang bisa jalan”…menurut saya ini belum bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan saya di atas.

Akhirnya saya menerapkan teknik virtualisasi untuk mengatasi masalah yang sedang saya hadapi ini..sebelum masuk ke area teknikal, kita coba memahami apa sich virtualisasi itu?

- wikipedia

virtualisasi (Inggris: virtualization) adalah istilah umum yang mengacu kepada abstraksi dari sumber daya komputer. Definisi lainnya adalah “sebuah teknik untuk menyembunyikan karakteristik fisik dari sumber daya komputer dari bagaimana cara sistem lain, aplikasi atau pengguna berinteraksi dengan sumber daya tersebut. Hal ini termasuk membuat sebuah sumber daya tunggal (seperti server, sebuah sistem operasi, sebuah aplikasi, atau peralatan penyimpanan terlihat berfungsi sebagai beberapa sumber daya logikal; atau dapat juga termasuk definisi untuk membuat beberapa sumber daya fisik (seperti beberapa peralatan penyimpanan atau server) terlihat sebagai satu sumber daya logikal

- Microsoft
Secara sederhana adalah computer didalam computer, yang di implementasi kan oleh software. Sebuah virtual machine mengemulasikan keseluruhan system hardware, mulai dari processor sampai network card, memungkinkan operating system yang berbeda untuk berjalan secara simultan. Setiap operating system berada pada partisi software yang berbeda secara independent.

Singkatnya mungkin seperti ini, kita bisa menginstall berbagai sistem operasi di dalam satu komputer, nah untuk melakukan ini dibutuhkan sebuah emulator yang biasa disebut sebagai virtual mesin. Intinya di virtualisasi ini saling berbagi resource hardware antar sesama virtual mesin. Hardwarenya satu, tapi sistem operasi di atas hardware itu banyak. Secara fisik jumlahnya satu, Hardisk-nya satu, RAM-nya satu,Mobo-nya satu tapi Logicalnya bisa lebih dari satu.

Berbicara mengenai virtual mesin, saat ini sudah tersedia banyak jenisnya, tinggal milih sesuai selera… (kayak makanan aja.. :D )
- VMWare, buatan dari VMware, inc.. www.vmware.com
- SUNXvm, virtual box, buatan dari SUN Microsystem, www.sun.com
- Ldoms, vm untuk mesin SPARC, buatan dari SUN Microsystem, www.sun.com
- Microsoft Virtual PC, buatan dari Microsoft, www.microsoft.com
- Xen, buatan dari Redhat,Inc, www.redhat.com
- dll..
sampai-sampai ada perusahaan yang bikin built in ke kernel sistem operasinya, semacam distro / sistem operasi khusus untuk virtualisasi yaitu KVM(kernel based virtual machine, Redhat), VMware ESXServer ( VMware,Inc), Jeos (www.ubuntu.com)

Gmana temen2? sekarang semuanya sudah dipermudah dengan teknologi virtualisasi, jadi tinggal kerja keras dan suka latihan.. :D

Step-step jika pengen nginstall vmware, (ni virtual mesin favoritku..)
1. Download VMware..ni komersil lho..jadi musti nyari crack-nya (petani tulen.. alias pembajak :D )
2. Install di Windows XP / Vista, klo sudah tinggal di crack..
3. Siapkan CD Linux/OpenSolaris
4. Setting di CDROM VMware untuk load dari CD
5. Klik Start…( wuff jadi pusing klo baca doang, mesti dipraktekin nich.. :D )

Klo sudah menginstall sistem operasi yang kita butuhkan, kita aktifkan fitur remote computernya seperti ssh, telnet, ftp, dll…Sekarang saya sudah berhasil menjalankan berbagai sistem operasi dalam satu PC, melakukan testing dan remote mesin…silahkan di coba biar ga penasaran.. :D :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diisi aje, gratis loh